Pengantar Bisnis – Merencanakan Bisnis


MERENCANAKAN BISNIS

PEMEGANG KEPENTINGAN UTAMA DALAM BISNIS

Pemegang kepentingan (stakeholder) adalah orang-orang yang mempunyai kepentingan dalam bisnis. Berikut beberapa pemegang kepentingan yang terlibat dalam bisnis:

  1. Pemilik : tentu saja pemilik perusahaan seorang stakeholder karena tanpa dia bisnis itu tidak ada.
  • Wiraswasta – Orang yang mengorganisasi, mengelola, dan mengasumsikan risiko yang dihadapi untuk memulai bisnis.
  • Saham – Sertifikat kepemilikan suatu perusahaan.
  • Pemegang sahamInvestor yang ingin menjadi pemilik sebagian dari perusahaan
  1. Karyawan : Manajer adalah karyawan yang mempunyai tanggung jawab mengelola pekerjaan yang ditugaskan kepada karyawan lain dan membuat keputusan penting perusahaan. Mananjer mempunyai tujuan di dalam perusahaan yaitu memaksimalkan nilai perusahaan. karena para pemegang saham yang tidak bekerja untuk perusahaan akan mengawasi manajer perusahaan dalam memaksimalkan nilai saham milik para pemegang saham.
  2. Kreditor : Institusi keuangan atau pribadi yang memberikan pinjaman.
  3. Pemasok : Kinerja perusahaan sebagian tergantung pada kemampuan dari pemasoknya mengantarkan bahan baku tepat pada waktunya.
  4. Pelanggan : Perusahaan tidak dapat bertahan hidup tanpa pelanggan, karena meskipun ada produsen tapi tidak ada pelanggannya sama juga bohong.

Para manajer memutuskan bagaimana dana didapat dari pemilik, kreditor, atau hasil penjualan kepada pelanggan, dapat dimanfaatkan. Mereka membayar dana tersebut untuk membayar sumber-sumber yang dibutuhkan untuk menghasilkan dan mempromosikan produk mereka. Mereka juga menggunakan dana untuk membayar pinjaman kepada kreditor

Sedangkan sisa dana disebut laba. Sebagian dari laba ditahan dan ditanamkan kembali ke dalam perusahaan. Sisa dari laba dibagikan sebagai dividen atau penghasilan perusahaan yang diberikan kepada pemiliknya

MENCIPTAKAN IDE BISNIS

Banyak orang senang dengan tantangan dan prestise yang berhubungan dengan memiliki perusahaan. Sebagian besar pemilik perusahaan setuju bahwa semua karakteristik memotivasi mereka untuk memulai bisnis.

Supaya dapat berhasil, suatu perusahaan harus mempunyai suatu keunggulan kompetitif atau suatu sifat unik yang dapat membuat produknya lebih diminati daripada produk pesaingnya.

PENGARUH TEKNOLOGI DALAM MENCIPTAKAN BISNIS

Teknologi telah memberikan kontribusi dalam keberhasilan banyak bisnis dalam tahun terakhir ini. Teknologi dapat didefinisikan sebagai pengetahuan atau alat yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa.

Suatu rangkaian teknologi yang penting, teknologi informasi, berkecimpung di dalam mempergunakan informasi untuk menghasilkan barang dan jasa. Termasuk penggunaan komputer untuk memudahkan informasi antar departemen dalam suatu perusahaan dan penggunaan internet untuk transfer informasi mengenai proses produksi suatu perusahaan.

Seperti contoh yang sering digunakan dalam dunia bisnis atau bisa disebut dengan e-business atau e-commerce, adalah penggunaan komunikasi elektronik untuk menghasilkan atau menjual barang dan jasa. E-business mencakup transaksi bisnis, seperti menjual produk lewat internet, maupun interaksi bisnis antara perusahaan dengan pemasoknya lewat internet.

Selain melayani bisnis dengan pelanggan, internet juga mempunyai dampak penting dalam B2B e-commerce. B2B e-commerce dapat dipakai sebagai contoh apabila perusahaan perlu jasa pekerjaan memperbaiki fasilitasnya, ingin mencari perusahaan yang dapat menyelenggarakan seminar untuk mengembangkan hubungan antar karyawan, atau perlu membeli bahan baku spesifik untuk proses produksinya. Kemudian perusahaan dapat membuka tender online dari beberapa prospektif perusahaan yang mungkin dapat melayani kebutuhannya dan kemudian memilih mereka yang memberikan penawaran terbaik.

FUNGSI UTAMA BISNIS

Berikut adalah beberapa hal fungsi utama dalam bisnis anatara lain yaitu :

  • Manajemen adalah cara bagaimana karyawan dan sumber lain digunakan oleh perusahaan.
  • Pemasaran adalah cara bagaimana produk dikembangkan, diberi harga, didistribusikan, dan dipromosikan kepada pelanggan agar mendapat diterima dengan baik produk kita di mata masyarakat.
  • Keuangan adalah cara bagaimana perusahaan mendapatkan dan menggunakan dana untuk operasi bisnisnya sehingga dapat menghasilkan suatu produk.
  • Akuntansi adalah ringkasan dan analisis suatu kondisi keuangan perusahaan yang kemudian laporkan setiap periode
  • Sistem informasi meliputi teknologi informasi, masyarakat, dan prosedur yang bekerja sama untuk memberikan informasi yang cocok kepada karyawan perusahaan sehingga mereka dapat membuat keputusan bisnis.

INTERAKSI ANTAR-FUNGSI BISNIS

Kebanyakan keputusan bisnis dapat diklasifikasikan sebagai keputusan manajemen, pemasaran atau keputusan keuangan.

Keputusan Manajemen

  • Perlengkapan mesin apa yang diperlukan untuk memproduksi suatu produk?
  • Berapa karyawan harus dipekerjakan untuk memproduksi suatu produk?
  • Bagaimana dapat memotivasi karyawan supaya pekerjaannya berhasil baik?

Keputusan Pemasaran:

  • Berapa harga yang harus dikalkulasikan untuk suatu produk?
  • Apakah produk harus diubah sehingga lebih menarik untuk pelanggan?
  • Haruskah perusahaan iklan atau strategi lain untuk mempromosikan produknya?

Keputusan Keuangan:

  • Haruskah pencarian dana dari pinjaman atau menjual saham?
  • Haruskah meminjam dana jangka pendek atau jangka panjang?
  • Apakah perusahaan harus investasi ke dalam proyek bisnis baru yang baru saja diusulkan atau dana ini untuk membayar pinjaman?

Laba bersih perusahaan diperoleh dari total penghasilan perusahaan kemudian dikurangi pengeluaran selama periode perhitungan.

BEBERAPA FUNGSI BISNIS MENDORONG PEMBUATAN KEPUTUSAN

Dalam bisnis ada beberapa hal yang digunakan sebagai acuan untuk membuat keputusan untuk perusahaan kedepannya. Keputusan bisnis yang tepat mengandalkan akuntansi dan sistem informasi. Dari situlah dapat dilihat apaka tujuan perusahaan suda tecapai atau belum.

Akuntansi

Manajer akuntansi perusahaan menggunakan akuntansi untuk memonitor operasionalnya dan melaporkan kondisi keuangan kepada pemilik atau karyawan.

Mereka juga dapat memperkirakan kinerja dari keputusan produksi pemasaran, dan keuangan yang terdahulu. Mereka bahkan dapat mengandalkan akuntansi untuk mendeteksi apabila penggunaan sumber daya tidak efisien hingga dapat dihindari. Konsekuensinya, akuntansi perusahaan dapat digunakan untuk menghindari pemborosan penggunaan dana maupun aktiva – aktiva untuk kepentingan yang tidak perlu, dan meningkatkan pendapatan.

Sistem Informasi

Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk selalu memperbarui dan menganalisis sistem informasi tentang operasinya. Informasi ini dapat digunakan oleh manajer perusahaan untuk membuat keputusan bisnis, juga dapat digunakan oleh setiap karyawan dalam perusahaan yang punya akses ke komputer pribadinya.

MENGEMBANGKAN RENCANA BISNIS

Rencana bisnis merupakan suatu deskripsi rinci dari suatu usulan bisnis, termasuk di dalamnya deskripsi bisnis yang akan di geluti, jenis pelanggan yang ingin kita targetkan, persaingan antar perusahaan yang memproduksi barang sejenis, dan fasilitas yang diperlukan untuk produksi.

Rencana bisnis mengutarakan bagaimana ide bisnis akan memanfaatkan karyawan, pemasok dan kreditor dan bagaimana ia akan memuaskan pelanggan dan pemilik bisnis.

Oleh karena itu, ide bisnis melibatkan pengelolaan sumber dana, ide pemasaran, ide pendanaan. Rencana bisnis yang lengkap biasanya termasuk penaksiran lingkungan bisnis, rencana manajemen, rencana pemasaran, dan rencana keuangan.

Memperkirakan Lingkungan Bisnis

  • Lingkungan Ekonomi

Lingkungan ekonomi diperkirakan untuk menentukan bagaimana permintaan untuk produk mungkin berubah dalam memberikan reaksi kepada kondisi ekonomi yang akan datang. Permintaan sutau produk dapat menjadi sangat sensitif tergantung kekuatan ekonomi.

  • Lingkungan Industri
    Lingkungan industri diperkirakan untuk menentukan tingkat persaingan antara produsen yang lainnya sehingga kita harus bisa menciptakan produk yang lebih inovatif agar bisa di terima oleh konsumen.
  • Lingkungan Global

Lingkungan global diperkirakan untuk menentukan bagaimana permintaan produk mungkin berubah dalam reaksi terhadap kondisi global yang akan datang.

Rencana Manajemen

  • Struktur Organisasi

Struktur organisasi mengidentifikasi peran dan tanggung jawab karyawan yang dipekerjakan oleh perusahaan. Bagaimana pengaturan berapa – berapa yang dibutuhkan untuk produksi barang. Karena apabila terlalu banyak karyawan ataupun terlalu sedikit karyawan itu tidak baik untuk perusahaan.

  • Produksi
    bermacam keputusan harus dibuat mengenai proses produksi, misalnya lokasi dari fasilitas produksi dan rancangan serta tata letak fasilitas tersebut.
  • Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah hal yang sangat kritis untuk berhasilnya suatu perusahaan. Suatu bisnis harus merancang lingkungan kerja yang akan memotivasi karyawan sehingga menolong keberhasilan bisnis.

Rencana Pemasaran

  • Target Pasar

Profil pelanggan atau karakteristik pelanggan khusus harus diidentifikasi. Ini menolong dalam menentukan target pasar, yang terdiri dari pelanggan yang pantas untuk profil pelanggan. Untuk itu kita harus bisa melakukan segmentasi pasar atau pengelompokan – pengelompokan konsumen, bisa dikelompokkan berdasarkan usia, jenis kelamin, pendapatan letak geografis dan lain sebagainya.

  • Karakteristik Produk

karakteristik produk harus digambarkan, menekankan pada keunggulan kompetitif produk dari produk sejenis yang ditawarkan pesaing. Untuk itu diperlukan kreatifitas dari kita untuk menciptakan produk yang berbeda, agar barang kita tidak di anggap sebagai barang duplikat dari produsen lain.

  • Penentuan Harga

Penawaran harga yang diusulkan dari produk harus diumumkan, begitu pula harga yang ditawarkan pesaing. Untuk itu kita juga harus mempertimbangkan dari segi bahan baku, biaya – biaya sampai produk itu jadi, sebagai penentuan harga atas produk kita.

  • Distribusi

Cara mendistribusikan produk kepada pelanggan harus diterangkan. Misalkan distribusi langsung, yaitu distribusi yang di lakukan langsung oleh produsen ke konsumen. Atau juga bisa menggunakan metode distribusi tidak langsung, yaitu sistem pendistribusian barang menggunakan pihak ke 3 ( distributor ). Yang tentunya sudah terikat kontrak terlebih dahulu.

  • Promosi

Cara produk dipromosikan juga harus dijelaskan. Strategi promosi harus konsisten dengan profil pelanggan. Bisa dengan promosi langsung seperti SPG yang mempraktekkan produknya di depan konsumennya. Atau juga bisa dengan mempromosikan lewat peragaan oleh model yang menawarkan produk kita di stasiun – stasiun tv.

Rencana Keuangan

Rencana keuangan harus menjelaskan mengapa bisnis ini layak dan harus juga menunjukkan bagaimana bisnis ini akan didanai.

  • Kelayakan Bisnis

Keuntungan dan biaya bisnis harus diestimasi, untuk menentukan kelayakan bisnis tersebut. Bisnis  harus dinilai layak oleh pemilik dan kreditor yang akan mendanai bisnis tersebut.

Perkiraan keuntungan dan biaya dapat dipakai untuk memprediksi keuntungan periodik. Keuntungan ini bisa dievaluasi untuk menentukan apakah mereka dapat memberikan keuntungan yang layak kepada pemilik. Sebagai tambahan, risiko bisnis harus diperkirakan dengan mengukur ketidakpastian laba yang akan datang.

  • Pendanaan Bisnis

Sebagian besar bisnis memerlukan dana yang besar untuk membeli mesin, peralatan, dan mungkin gedung juga. Biasanya pemilik memakai uang sendiri untuk mendanai bisnisnya. Apabila mereka memutuskan meminta dana dari institusi keuangan, mereka perlu menunjukkan rencana bisnis yang rinci. Sehingga institusi dapat menilai apakah bisnis yang diusulkan layak dapat pinjaman. Selain itu perusahaan bisa menerbitkan saham kepada masyarakat sebagai alternatif sumber dana.

Ringkasan Rencana Bisnis

  1. Deskripsi Usulan Bisnis : Menjelaskan mengenai produk yang ditawarkan oleh bisnis yang diusulkan.
  2. Perkiraan atas Lingkungnan Bisnis
  • Lingkungan Ekonomi: Menjelaskan kondisi ekonomi yang berlangsung, dan risiko maupun manfaat yang dihadapi perusahaan terhadap kondisi tersebut.
  • Lingkungan Industri: Menjelaskan pertanyaan dalam industridan permintaan secara umum atas produk tersebut dalam indutri.
  • Lingkungan Global: Menjelaskan kondisi global yang berlangsung yang terkait dengan bisnis tersebut, seperti pasar asing di mana mungkin produk bisnis tersebut dapat dijual dikemudian hari.
  • Struktur Organisasi: Menjelaskan mengenai struktur organisasi yang menggambarkan hubungan antar-posisi para karyawan. Struktur ini juga harus memberikan identifikasi tanggung jawab setiap posisi dalam mengatur posisi yang lain dan menjelaskan tugas spesifik dan gaji para manajer dan karyawan lain.
  • Proses Produksi: Penjelasan mengenai proses produksi, termasuk lokasi, desain dan tata letak dari fasilitas yang diperlukan untuk menciptakan produk rancangan, juga menjelaskan mengenai rencana jumlah produksi per bulan atau per tahun.
  • Mengelola Karyawan: Menjelaskan mengenai lingkungan kerja yang digunakan untuk memotivasi karyawan dan rencana pelatihan, evaluasi, dan pemberian kompensasi kepada karyawan.
    • Kelayakan Bisnis: Memperkirakan mengenai penghasilan, pengeluaran,dan keuntungan dari bisnis yang diusulkan untuk lima tahun  yang akan datang. Harus diperhatikan bahwa estimasi penghasilan, pengeluaran dan keuntungan yang diusulkan mungkin berubah dengan berbagai kemungkinan kondisi ekonomi atau industri.
    • Dana yang Diperlukan: Memperkirakan dana yang dibutuhkan untuk mendirikan bisnis dan mendukung operasionalnya selama lima tahun.
  1. Rencana Manajemen
  1. Rencana Keuangan

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda!!!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s